Rabu, 30 November 2011

libur yang bukan liburan


kondisi hari ini mengingatkanku pada akhir tahun kemarin. kondisi yang sama yang akhirnya menyebabkan aku memutuskan bikin blog. walau sekedar blog geje yang berisi curhat curhat ga penting dan ga mutu. tapi tak apalah.

seperti biasa, kata libur bagiku erat hubungannya dengan kata "sepi". heran? haha mungkin terdengar aneh. tapi memang begitulah kenyataannya. liburan 5 hari mungkin diianggap sebagai berkah bagi mereka yang asli jawa, dan tentunya agenda pulang kampung sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. namun bagi kami, perantau-perantau asal sumatera ini, liburan yang sangat tanggung itu (cukup lama jika di kos senndiri, terlalu singkat jika pulang ke rumah) membuat kami menjadi satpam kos sementara yang harus nungguin kosan karena sebagian besar penghuninya sedang berleha-leha di pangkuan orang tua. iri? tentu saja ! tapi tak apalah, ada cukup waktu untuk sekedar menyendiri dan mengurung diri hahah

hari ini kuhabiskan dengan dua agenda. bertemu dengan adek2ku di SMP dan mendengar cerita-cerita polos mereka. kadang cerita yang bikin kita tertawa, walau mereka ceritanya berurai air mata hahah. maaf dek...
tapi itulah istimewanya mereka. masa-masa SMP masa yang lucu dan paling hidup menurutku. yah, seperti mereka tadi siang.ada yang bertengkar dengan temannya. hanya disebabkan oleh hal kecil seperti sebuah penghapus pensil atau mungkin seteguk air. tapi berantemnya? aih mak.. sampe nangis-nangisan, sampe dorong-dorongan, sampe benci sebenci-bencinya, bahkan semua keluarga dan orang yang ngomong sama si kawan tadi pun ikut dibenci. tapi lihatlah, dua hari kemudian mereka sudah jalan bareng lagi ke kantin, sudah pulang barenga sambil becanda. kadang suka membandingkan. lihatlah dengan kita yang mengaku dewasa ini. kalau ada salah paham atau musuhan, jarang yang sampai dorong-dorongan, jarang yang nangis di tempat (kalau nangis pun biasanya di kamar sendiri), kalau ketemu mungkin masih saling senyum (walau dalam hati berapi-api), tapi bencinya bisa berabad-abad, ga saling ngomongnya bisa sampai bertahun-tahun, awet sampe lulus kuliah. ironi..
buat adek-adekku yang minggu depan ujian semester, semangat ya !! ingat pesan kakak tadi, "nikmati prosesnya, karena Allah melihat pekerjaan kita, bukan hasil kerja kita"  FIGHT OH!!!

selanjutnya, mengenang kosan yang sepi membuatku malas untuk langsung pulang. akhirnya saya menggeje ke mall dulu sebentar. sudah lama tak berkunjung ke gramedia.seperti biasa, langsung menuju bagian novel hehe
mencari karya-karya baru tere liye, baca-baca sedikit (sebenarnya ngecek harga, siapa tahu harganya lagi turun hhaha). tapi jujur, kuakui ada yyang beda hari ini. ada hal yang tidak biasa yang sungguh membuatku cemas. aku tak lagi segila dulu pada buku. aku tak lagi semudah dulu jatuh cinta pada buku dan mati-matian berusaha agar bisa baca buku itu, walau dengan hasil pinjam. biasanya di gramed aku bisa betah dari pagi sampe sore, istirahat sholat dzuhur doang, tapi tadi rasanya di gramedia aku hanya bertahan setengah jam *rekor tercepat dalam sejarah saya berkunjung ke gramedia.

memang kalau dikaji lagi, rasanya aku setahun dulu sangat jauh berbeda dengan aku yang sekarang. aku yang dulu tergila-gila dengan semua jenis buku, apapun genrenya, tuntas dibaca. aku yang dulu punya banyak waktu menulis, apapun itu, walau hanya sekedar pengalaman kecil hari itu. aku yang dulu sangat senang jalan-jalan, rela dan dengan senang hati menemani siapapun yang butuh teman kemanapun. aku yang dulu pintu kamarnya selalu terbuka, membiarkan siapa saja masuk dan mendengarkan semua keluh kesah atau sekedar curhatan mereka. sementara aku yang sekarang? aku masih cinta buku, hanya tak sebesar dulu. dulu, aku tak kan bisa tidur dengan pulas bila belum menamatkan buku yang sedang kubaca. buku-buku selevel "the da vinci code" biasanya aku selesaikan dalam sehari. tapi sekarang, buku "a letter to sam" bahkan butuh dua minggu untuk kutuntaskan. soal menulis memang mungkin tidak terlalu signifikan, tapi memang tak seproduktif dulu sebelum aku kenal dengan blog. aku adalah orang yang paling sering diajak jalan, karena kata teman-teman aku paling kuat kalau mesti jalan kaki (-,-), bahkan pernah seharian kami ngelilingi TMII dengan jalan kaki, mengunjungi setiap anjungan yang jaraknya subhanallah itu. sekarang, aku lebih suka berkurung diri di kamar, menyalakan laptop, nonton dorama atau sekedar browsing-browsing ga jelas. aku masih senang jalan, cuma tak sesering dulu. sekarang pintu kamarku lebih sering tertutup rapat, karena aku suka menonton dengan kondisi yang gelap, apalagi film horor (satu lagi kebiasaan anehku yang suka nonton horor tengah malam seorang diri dengan lampu yang dimatikan).

setelah kupikir, memang banyak faktor yang membawa perubahan-perubahan ini, dan salah satunya adalah waktu luang yang berserak saking banyaknya, juga karena jasa seseorang yang memperkanalkanku pada "Running Man" (soal siapa dan apa itu running man mungkin kita bahas lain kali, walau aku yakin bahwa sebagian besar orang pasti sudah tahu apa itu).

yak,, begitulah hari pertama libur yang bukan liburan ini saya lewati. semoga besok menjadi lebih hidup karena dengar-dengar besok itu tanggal 1, jadi mungkin ada kucuran dana dari atas hahah (note: efek tanggal dan kondisi keuangan juga ternyata sangat mempengaruhi waktu libur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar