Selasa, 15 Juli 2014

Indah dikenang, Tak ingin diulang {1}

Halo.. kemana saja saya? Hahaha iya, baru sadar kalau tak pulang ke “rumah sendiri’ udah hampir satu setengah bulan. Entah kenapa akhir2 ini memang sedang sedikit tak berselera berlama-lama di dunia maya. Tapi tiga minggu kemarin memang saya sama sekali tak punya kesempatan untuk  buka laptop (lah gimana mau buka, bawa  aja gak).

Jadi ceritanya tiga minggu kemarin saya mengikuti sebuah pelatihan, pelatihan wajib yang pasti pernah diikuti oleh siapa pun yang berstatus abdi negara. Sebut saja namanya prajabatan #namanya memang itu.

Tiga minggu kemarin kita disolasi dari dunia luar, tempatnya gak jauh-jauh juga sih, cuma di jakarta timur, tapi memang daerahnya lumayan sepi dan jarang dilewati hahaha. Tidak ada angkutan umum yang lewat. Kemarin pas mau pulang itu jadilah semua pada nelpon taksi dan rombongan taksi pun berduyun-duyun antri untuk menjemput kami satu per satu.
Apa yang saya dapat selama tiga minggu kemarin?
Banyak.. teman baru, pelatihan kedisiplinan, metode belajar dan pembelajaran yang seru, berbagai games menarik yang bahkan saya catet, berniat mengaplikasikannya suatu saat. Dan satu hal yang pasti dirasakan semua peserta, pegel !!! Hahahaha

Jadi, selama tiga minggu itu itu diisi dengan kegiatan belajar di kelas dan bela negara. Nah, yang terberat itu sebenarnya yang bagian bela negaranya. Kita gak disuruh angkat senapan sih, gak disuruh berperang untuk lawan Malaysia juga, cuma hal-hal ringan semacam “guling-guling di lapangan, rayap-rayap di rumput, ngerangkak di  tanah berpasir, jalan jongkok tak henti-henti, lari-lari gak jelas, jungkir-jungkir ke sana kemari. “Ringan” memang kedengarannya, tapi lumayan juga waktu dijalanin hehehhe. Dari semua yang disebutkan itu masing- masing agenda punya keistimewaannya sendiri.
·         Guling. Disuruh guling, ya udah glundung kesana kemari. Masalahnya, pas guling itu  kemampuan kita untuk menebak arah entah kenapa tiba-tiba menghilang. Jadilah yang awalnya berbaris rapi pas disuruh guling dari tepi lapangan ke ujung satunya, hasilnya udah pada kemana-mana, ada yang bisa guling lurus, ada yang nyasar ke sisi lain, ada yang gulingnya udah bentuk kurva, sampe ada yang nyungsep mencium sepatu pelatih hahaha. Dan bonusnya lagi nih, hasil guling-guling ini karena buta orientasi bikin kepala lumayan pusing, jadilah di sana-sini terdapat onggokan hasil perjuangan banyak orang (maaf, m#ntahan). Dan karena kita gulingnya gak cuma sekali, tapi berpuluh-puluh kali, maka jadilah itu udah tak terpikirkan lagi, udah dilewatin, udah dilindasin, udah segala macamlah berbaur dengan tubuh (kok ceritanya jadi agak menjijikkan gini ya?). Begitulah acara guling-guling yang jadi high-light diklat ini.
·         Selanjutnya adalah merayap. Nah, kalau guling kita tinggal nge-glundung saja, kalau merayap ini butuh lebih banyak effort, pasalnya kita harus membawa beban tubuh berpangku di kekuatan lengan bawah. Susaaaah. Syukurnya pas awal-awal diajarin triknya sama teman yang dari Bea Cukai, jadi kalau ngerayap itu kakinya dipake, bertumpunya di ujung kaki untuk  ngedorong badan, jadilah ngerayapnya gak terlalu berat.
·         Nah, ada ngerayap normal, ada juga ngerayap punggung. Kalau ngerayap normal, kita posisi awalnya tengkurap atau tiarap, kalau ngerayap punggung, kita posisi awalnya telentang. Untuk ngerayap punggung ini lebih baik kalau mengandalkan kekuatan punggung bagian atas sama telapak kaki buat ngedorong, bisa juga sih pake lengan tapi jadinya lebih berat, mending pake punggung aja.
·         Setelah berkotor-kotor ngerayap, saatnya kita sedikit berpisah dengan bumi hahaha, maksudnya gak semua badan nempel di tanah lagi. Agenda berikutnya adalah merangkak. Merangkak gak susah sih, karena pada dasarnya semuanya pasti pernah merangkak pas dulu zaman belajar jalan. Yang susah itu adalah merangkak di lintasan yang tanahnya keras atau ada pasirnya T_T. Mak, itu lututnya sakiiiiit. ketika merangkaknya di rumput , semuanya pasti lancar, nyanyinya pada keras, begitu masuk lintasan tanah keras sama pasir, semua nyanyian berubah jadi teriakan “aduh” hahaha.
·         Guling, rayap, merangkak udah, berikutnya adalah jungkir. Pada ngerti jungkir kan? Jadi itu kayak kita posisi setengah berdiri, terus badannya dilemparin ke depan sambil ditekuk (catatan: kepala jangan sampe kena tanah, berbahaya). Cuma untungnya pas diklat kemarin yang boleh jungkir cuma cowok, cewek gak dibolehin hehehe takut kenapa-napa sepertinya karena mungkin cewek gak tau triknya.
·         Satu hal yang jadi langganan dan mungkin tindakan paling memungkinkan dilaksanakan dalam semua kondisi, terbebas dari kita pakaian dinas, batik atau putih hitam, adalah jalan jongkok. Kalau tindakan lain semacam guling, rayap, merangkak, itu mungkin agak gak tega dilaksanakan pas siang hari dengan pakaian rapih pas di kelas, nah jalan jongkok ini bisa terjadi kapan pun. Dibalik semua kesimpelannya itu, sayangnya jalan jongkok ini yang menyisakan after effect yang paling tinggi. Kalau abis guling2 paling pusing bentar, abis merangkak paling lututnya perih sejenak, tapi jalan jongkok, pegal betis dan paha dua hari gak hilang-hilang T.T
·      Dari semua jenis tindakan itu, ada satu tindakan yang bagi orang lain paling mudah dilaksanakan, tapi bagi saya itu yang paling menyiksa. Dan itu adalah lari L. Paling simpel emang, dan gak butuh trik-trik khusus, tapi, tapi paling menguras energi.
Dan yang paling gak tahan itu adalah pas tiga hari pertama, setiap disuruh kumpul, pasti dikerjain dulu, begitu kita sampe di lapangan, disuruh balik lagi barak dalam hitungan sepuluh semuanya sudah masuk barak, sepatu dilepas. Baru sampe pintu kamar, peluit bunyi lagi, harus udah dilapangan dalam hitungan sepuluh, begitu terus bolak balik sampai puluhan kali. Nah, pas bagian ini nih, di hari pertama saya hampir gak sanggup, sempat sesak nafas, disuruh istirahat sebentar (beneran sebentar doang, lima menit berikutnya disuruh ikut lari-lari lagi T.T).


Kegiatan fisik yang beneran bikin kaget tubuh, apalagi yang jarang olahraga seperti saya. Tapi dibalik semua keluh dan, jengkel, dan kedongkolan hati, sebenarnya merasa juga kalau badan jadi lebih ringan dan tidur lebih nyenyak (walau gak mau ngaku hahaha).

Ini sedikit cerita dari tiga minggu mengesankan yang saya lewati. part selanjutnya akan segera terbit ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar